Blue Fire Pointer
divine-music.info

Minggu, 15 Juni 2014

Apa Itu SQL ?

HSS Cyber Crew - Assalamualaikum Wr.Wb gan :D kali ini HSS akan membahas tentang SQL, ingat SQL , Bukan Nama Makanan gan :3 .. ahh langsung ke topik :v

SQL kependekan dari Structured Query Language, bahasa yang sering dipergunakan untuk mengelola database relasional. Terdapat beberapa jenis SQL, salah satunya adalah SQL-92. Merujuk kepada ANSI (American National Standar Institute), maka SQL adalah bahasa standar untuk sistem manajemen database rasional.
   
Beberapa sistem datatabase yang menggunakan SQL antara lain : Oracle,DB2, sybase, MS SQL Server, Informix, Ingres, Interbase, PostgreSQL, MySQL, MS Acces. Walaupun semua database yang disebutkan menggunakan SQL, kebanyakan mereka memiliki perintah tambahan yang proprietary(hanya ada dan berlaku pada sistem sendiri). 
   
SQL sendiri memiliki 3 macam jenis perintah :
1. Data Defenition Language (DDL) 
merupakan kelompok perintah yang digunakan untuk melakukan pendefenisian database dan pendefenisian tabel. Dengan kelompok perintah dalam DDL inimaka kita dapat membuat tabel, mengubah strukturnya, menghapus tabel, membuat indeks untuk tabel, dan lain-lain yang bermuara pada pembentukan struktur database.
2. Data Manipulation Language (DML)
Perintah (statement) SQL digunakan untuk melakukan manipulasi data dalam database, menambahkan (insert), mengubah (update), menghapus(delete), mengambil dan mencari data (query). Perintah SQL standar seperti : select, insert, update, delete, create, dan drop dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan berhubungan dengan data suatu database.
    
3. Data Control Language (DCL) 
Termasuk dalam DCL adalah perintah untuk melakukan pendefenisian pemakai yang boleh mengakses database dan apa saja privilegenya. Fasilitas ini tersedia pada sistem manajemen database yang memiliki fasilitas keamanan dengan membatasi pemakai dan kewenangannya.
    

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Muhammad Supian
Sisi Remaja Ebook Teknisi Komputer